Lupa Rumus,Susah deh jadinya!

Xpresi

Kimia adalah salah satu pelajaran yang dianggap sulit. Ada yang bilang, pelajaran ini sama sulitnya dengan Fisika dan Matematika.
Hhhmmm…Kimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zal atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari.

Nah, di kalangan anak IPA, pelajaran ini memang merupakan salah satu pelajaran yang cukup ditakuti. Maklum, di dalamnya terdapat perpaduan antara hitung-meng-hitung dengan hapalan. Bukan itu saja, rumus-rumus terkait reaksi kimia juga wajib dipahami.


Makanya, sobat Xpresi (sobeX) ngampun banget deh dengan pelajaran Kimia. Kalo udah pelajaran Kimia, langsung peras otak, dahi berkerut sambil mikir keras. Kalau otaknya lumayan encer, ya nggak susah amat lah untuk nangkap pelajaran satu ini.
Tapi, kalau otak beku, bakalan kelimpungan tuh buat mahami pelajaran Kimia. Padahal udah peras otak, dahi berkerut sambil mikir, eehhh…tapi nggak bisa juga ngerjainnya. Naasnya lagi, pas dapet PR Kimia yang emang guru Kimianya ‘killer’. Wah..nggak kebayang deh bakal gelisah bobo malam karena mikirin PR Kimia yang nggak bisa dikerjain.

Ujung-ujungnya, besoknnya datang pagi-pagi ke sekolah buat jiplak alias nyontek PR teman yang jago Kimia. Beruntung kalau si teman lagi mood dan baik hati mau ngasih PR-nya dicontek. Coba deh pas si teman jago Kimia lagi nggak mood, nggak ngasih contekan, kamu jadi pusying nyari jawaban untuk ngisi PR itu. Apalagi nih, saat si guru Kimia ‘killler’ nyuruh satu-satu orang ke depan buat ngerjain soal yang diberikan di papan tulis, kamu yang ngampun dengan pelajaran Kimia udah bisa ditebak bakal geleteran ketakutan, wajah pucat, perut mules serasa mau boker dan bla..bla..bla..

Sebenernya nih, gampang banget kalau pengen pintar pelajar kimia. Triknya nih, kamu harus konsen saat guru Kimia menerangkan di kelas. Lalu, sepulang sekolah, pelajaran Kimia tadi kamu baca-baca deh. Paling penting nih, jangan lupa rumusnya. Kalau lupa rumus bakal nggak bisa ngerjainnya.

Yuk kita tanya sobeX soal tema satu ini. Dari 200 orang SobeX kita, mereka mengaku suka pelajaran Kimia (12 persen). Sisanya (82 persen) nggak suka banget. Wadohhh…kok pada nggak suka dengan pelajaran ini ya?

Bagi sobeX yang suka pelajaran kimia, katanya asyik banget (12 persen) pelajaran itu. Sisanya (82 persen) ngaku jujur dari hati terdalam mengaku kalau pelajaran kimia bikin otak stres (82 persen). Masa sih peras otak? Emang santan kelapa kali ye pake meres segala, hihihihi.

Makanya nih, sobeX bilang, pelajaran kimia lumayan bisa dipahami, lebih mudah dari Fisika dan Matematika (21 persen), dan sobeX lainnya bilang susah dipahami karena pakai rumus (79 persen).

Kayak pengakuan Ridwan, siswa SMA Negeri 3 Medan ngaku, nggak suka banget dengan pelajaran Kimia. “Padahal aku ambil jurusan IPA. Malang bener nasibku. Jadi bikin aku stres kalau udah pelajaran Kimia,” ujarnya. (ila/tim xpresi)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *