Baca Koran? Kenapa Nggak!

Xpresi

Berapa lama waktu yang kita sisihkan untuk membaca koran? Pagi hari, siang hari, atau malam hari? Atau bahkan tidak sama sekali.

Koran bukan lagi barang asing bagi kita. Lembaran kertas yang berisi berita-berita ini banyak dijual dimana-mana. Namun, walaupun tidak sulit untuk mendapatkannya, masih banyak orang yang kurang peduli terhadap pentingnya membaca koran.


Padahal nih, berjuta informasi tersaji di sana. Dari mulai berita olahraga, politik, ekonomi, pendidikan, sampai entertainment. Mengingat banyak orang yang tidak memiliki waktu banyak untuk membaca koran, maka koran pun disusun sedemikian rupa hingga berita yang terkandung di dalamnya dapat tersaji dengan ringkas namun tetap jelas.
Harga yang murah ternyata tidak menjamin bahwa koran akan mendapat perhatian lebih dari masyarakat banyak. Buktinya, banyak penjual koran namun banyak pula orang yang menghiraukannya.

Kurangnya animo masyarakat terhadap membaca, membuat koran sebagai sumber berita sering dijadikan sebagai bungkus makanan atau dibuang begitu saja. Padahal, beribu-ribu informasi terkandung di dalamnya. Ya kan?
Jangan sepelekan koran bekas, karena bagaimanapun juga di dalamnya ada informasi-informasi penting yang dapat menambah wawasan dan menambah jumlah memori di otak.  Dengan membaca, kita dapat berimajinasi. Mengasah otak kiri merupakan hal yang penting karena dengan hal tersebut dapat melatih diri untuk bisa memusatkan pikiran.
Disamping itu, kita juga bisa menjadi orang yang kritis dalam menanggapi sesuatu. Selain itu dengan membaca kita juga dapat mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain.

Membaca koran juga dapat meningkatkan rasa percaya diri kita karena pengetahuan kita bertambah dengan membaca. Dan yang lebih pentingnya lagi, membaca koran dapat menjadikan sesorang menjadi lebih baik.
Melihat begitu banyak manfaat dari membaca koran, masihkan kamu malas untuk membaca koran? Jangan sampek deh ketinggalan berita penting di koran. Baca koran? Kenapa tidak!

Yuk kita tanya sobeX soal tema kali ini. Kita lihat deh, apakah sobeX kita termasuk orang yang suka membaca koran. Jangan-jangan…malah nggak sama sekali. Malah lebih memilih main game yang nggak nambah wawasan ilmu.
Nah, ternyata sobeX kita sering tuh baca koran (98 persen). Sisanya (3 persen) malah nggak banget katanya. Alasannya nih, baca koran kata 3 persen sobeX hanya untuk orang tua dan buka untuk remaja. Caelahhh..nggak tahu ya kalau koran sekarang justru banyak dikhususnya bagi anak remaja. Buktinya nih, di Sumut Pos ada halaman remaja khusus, Xpresi. Ya kan sob…

SobeX biasanya baca koran di rumahnya (58 persen), tapi ada 42 persen sobeX kita baca korannya di warung karena ortunya nggak berlanggan koran.

Bagi sobeX yang suka baca koran, mereka biasanya suka berita kriminal (21 persen), berita hiburan (21 persen), berita politik (3 persen), berita olahraga (20 persen), berita soal remaja (32 persen) kayak berita Xpresi dan 3 persen menyukai semua bacaan di atas.

Melva, siswi SMK Negeri 7 Medan ngaku suka banget baca koran. “Ortuku langganan koran Sumut Pos. Kalau di Sumut Pos, bacaan yang ku suka ya halaman Xpresi, pas banget dengan usiaku, tentang remaja. Jarang banget sih ada koran di Medan yang khusus menyajikan tentang tema anak remaja, kecuali Sumut Pos,” ujarnya. (ila/tim Xpresi)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *