Jalan Kaki = Olahraga

Xpresi

Kalau ditanya siapa yang mau tubuhnya sehat, pasti deh semua jawab serentak “mauuuu!!” Ya kan?
Tapi, kalau ditanya mau nggak olahraga untuk kesehatan tubuhnya, mungkin kebanyakan malas melakukannya. Tapi, agar tubuh sehat nggak harus olahraga berat lho, cukup jalan kaki bisa membuat tubuh sehat.

Apalagi nih, jalan kaki juga bagian olahraga yang bisa membuat tubuh kita sehat. Jalan kaki itu nggak pake biaya kok, cuma pake keringat doank. Itupun kalau jalan kakinya kejauhan.


Olah raga jalan kaki bisa dilakukan kapan pun dan di manapun, bahkan selalu kita lakukan saat kita tak menyadarinya. Misalnya nih, mau ke tempat ibadah, kita lebih memilih jalan kaki. Atau, mau ke warung atau ke pasar yang jaraknya nggak terlalu jauh, juga bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Apalagi nih, kalau jarak sekolah atau kampus kita tak terlalu jauh dari tempat tinggal, bisa ditempuh dengan jalan kaki. Tapi, kalau jaraknya jauh, ditambah lagi udara panas terik, mendingan nggak usah jalan kaki deh. Ntar keringat jadi meleh, kulit jadi hitam, dan kamu bisa pingsan, hihihi. Yaa…nggak mestilah melatih diri dengan jalan kaki dilakukan tiap hari. Minimal bisa dilakukan dua kali seminggu.

Coz, ada begitu banyak keuntungan dari olah raga yang satu ini. Sudah murah meriah, gampang, praktis, bermanfaat lagi. Salah satu nih, jalan kaki sangat baik untuk kesehatan jantung.

Nggak usah dipungkiri deh, pasti kamu males banget kalau jalan kaki. Kemana-mana maunya naik angkot, naik kreta (sepeda motor) atau naik mobil. Makanya, nggak heran kalau jaman kakek –nenek kita dulu tubuhnya sehat banget. Secara nih, jaman dulu belum banyak yang punya kendaraan. Yang ada malah sepeda ontel. Makanya orang dulu terpaksa jalan kaki walau jaraknya jauh. Tapi hal itu membuat mereka sehat.

Coba bandingkan dengan jaman sekarang, manja banget, kemana-mana naek kendaraan. Hhhmmm…nggak heran juga kalau orang sekarang gampang banget terserang sakit karena nggak mau jalan kaki atau olahraga.
Coba deh kita tanya Sobat Xpresi (sobeX) melalui polling yang disebar Tim Xpresi Sumut Pos sebanyak 150 orang. Mereka mengaku kalau sering jalan kaki (63 persen). Mudah-mudahan jawaban mereka jujur ya…ck..ck..ck…Trus, sisanya (37 persen) nggak mau jalan kaki. Maunya tak gendong ke mana-mana (hihihi kayak mbah surip. Just kidding kok).

Biasanya nih, alasan sobeX jalan kaki karena tak ada kendaraan pribadi/angkot (27 persen), karena jarak tempuhnya dekat (34 persen) dan karena tak ada uang naik angkot (39 persen).  Dan, sobeX biasanya jalan kaki kalau mau ke sekolah (36 persen), ke rumah kerabat (22 persen) dan ke tempat ibadah (42 persen).

Trus, apa ya yang dirasakan sobeX kalau jalan kaki? Yang jelas, capek banget (15 persen). Tapi ada juga yang ngerasa biasa aja (37 persen). Sisanya, merasa asyik-asyik aja dan menganggapnya olahraga (48 persen).
Kayak pengakuan Fitria, siswi SMK negeri 9 Medan ini. “Menurut aku jalan kaki itu sama aja olahraga gratis, sehat, praktis, sekalian pengiritan kalau lagi nggak punya duit naik angkot, hehehhe,” ujarnya.

Kalau Dewi, dari sekolah yang sama sependapat. “Ya..aku kadang suka jalan kaki juga, tapi gak masalah sih kalau sekali-sekali hitung-hitung bakar lemak, kalau keseringan nanti capek donk, betis malah jadi besar kayak pemain bola, hihihihi,” ujarnya. (ila/tim xpresi)

loading...

2 thoughts on “Jalan Kaki = Olahraga

  1. hahaha…. sama kayak kami dunk kak…
    lagi magang, berhubung kami ruangannya ada di lantai 3, kami malah naik tangga, bukannya naik lift…
    anak smk9 kan peduli kesehatan…. wehehehe #plakkk

  2. semoga semua tidak sia-sia….

    dari pagi hingga pagi menunggu….

    smoga sukses ya buat acaranya…

    dan nantinya kota medan semalin jaya…

    naxksMA BINTANG TIMUR….
    cayo..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *